Latest Updates

Gemar Membaca Mading

Majalah Dinding atau sering kita sebut dengan Mading adalah sebuah media informasi yang nantinya akan ditujukan pada pengayaan ilmu pengetahuan dan bahasa. Dari mading kita bisa mengetahui berbagai informasi dan ilmu pengetahuan diluar dari mata pelajaran yang ada dalam sebuah kurikulum.
Mading yang cantik akan menarik minat baca dari siswa, sehingga akan muncullah kegemaran dalam membaca dan haus akan informasi atau ilmu-ilmu baru.





Media komunikasi

Mading adalah media komunikasi termurah untuk menciptakan komunikasi antarpihak dalam lingkup tertentu. Dengan adanya mading, bermacam informasi dapat disampaikan secara mudah ke seluruh siswa sesuai dengan lingkup yang direncanakan. Dengan membaca mading, banyak hal yang semula tidak diketahui akhirnya menjadi perbendaharaan pengetahuan, baik yang bersifat praktis maupun yang perlu perenungan.

Wadah kreativitas

Pada umumnya kegiatan anak didik tidak pernah sepi dari kreativitas, misalnya olahraga, olah seni, keterampilan, permainan, dan tidak ketinggalan pula aktivitas ekspresi tulis. Lewat karya tulis akan tersalurkan dua macam manfaat yang bersifat timbal balik. Dari sisi penulis, majalah dinding adalah tempat untuk mencurahkan bermacam ide. Beragam gagasan, pikiran, daya cipta, bahkan fantasi yang mengiringi perkembangan jiwanya perlu penyaluran dan media untuk menuangkannya. Maka tepatlah apabila mading digunakan sebagai wadah curahan kreativitas siswa.

Menumbuhkan kebiasaan membaca

Dunia akan menjadi luas bila kita senang membaca. Untuk itu, kegemaran membaca harus ditanamkan. Dalam hal ini mading punya andil yang besar. Mading dapat tampil setiap saat tanpa dihadang oleh sejumlah kesulitan.

Pengisi waktu

Banyak siswa tidak dapat mengisi waktu luangnya dengan baik. Kelebihan energinya dibuang percuma. Entah hanya bermain dan hanya ngobrol dengan teman. Semua itu sebenarnya dapat ditangguhkan dengan membaca mading, kemudian aktif menulis.

Kecerdasan berpikir


Kebiasaan membaca akan menambah pengetahuan pembaca dalam berbagai bidang. Semakin banyak membaca, pengetahuan siapa pun akan bertambah. Secara tidak langsung hal itu akan menjadi pendorong bertambahnya kecerdasan. Dengan demikian, jelaslah bahwa mading menjadi "terminal awal" yang dapat menjembatani lahirnya pengetahuan, ketangkasan berpikir, dan terbentuknya kecerdasan.

Berorganisasi

Menghadirkan selembar mading berarti mengorganisasikan sekelompok orang. Mading menuntun semua yang terlibat di dalamnya untuk berorganisasi. Mading adalah perwujudan kerja tim atau kerja kelompok yang perlu saling mematuhi kesepakatan, aturan yang telah ditetapkan, kedisiplinan diri, dan kesungguhan bekerja. Dengan menyiapkan mading, secara otomatis siapa saja akan menghayati arti organisasi dan langsung terkait dengan aktivitas di dalamnya.

Melatih kemampuan menulis

Banyak penulis yang menggunakan media mading sebagai wahana berlatih. Berawal dari senang menulis hal-hal yang sederhana, tidak mustahil seseorang menjadi terbuka wawasannya untuk lebih mengembangkan kesenangannya dalam bidang kepenulisan secara lebih profesional.

0 Response to "Gemar Membaca Mading"

Posting Komentar